Selamat Datang di Website MAN Insan Cendekia Aceh Timur

Selamat Berkompetisi Para Peserta PPDB MAN IC

On 20.02.00

Jakarta—(Kemenag). Hari ini, Sabtu 18 Maret 2017, Kementerian Agama RI menggelar Seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia se-Indonesia. Kini, Kementerian Agama RI memiliki 20 MAN Insan Cendekia yang tersebar di seluruh Indonesia. MAN Insan Cendekia merupakan prototipe Madrasah Akademik, madrasah yang mengarahkan siswa-siswi terpilihnya untuk benar-benar konsen pada sains dan teknologi tanpa melupakan ilmu-ilmu agama.

Sebagai icon madrasah akademik, diperlukanlah standarisasi secara nasional dalam penyeleksian siswa-siswi yang akan masuk di MAN IC, oleh sebab itu dibuatkan secara khusus PPDB MAN Insan Cendekia. Menurut Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis Setiawan, PPDB MAN IC ini merupakan langkah awal menyeleksi calon-calon insan akademik.

PPBD MAN IC ini selenggarakan di 38 lokasi yang tersebar di 29 provinsi di Indonesia. Lokasi tersebut adalah:

MAN IC Aceh Timur
MAN 1 Medan
MAN 2 Padang
MAN IC Siak
MAN IC Jambi
MTsN 2 Model Palembang
MAN Model Bengkulu
MAN 2 Bandar Lampung
MTSN 1 Belitung Timur
MAN IC Bangka Tengah
MTsN Batam
MAN 2 Kota Serang
MAN IC Serpong
MAN 4 Jakarta
MAN 1 Kota Bandung
MAN IC Kota Pengalongan
MAN 2 Kota Pekalongan
MAN 1 Yogyakarta
MAN Sidoarjo
Aula Kantor Wlayah Kemenag Provinsi Bali
MAN I Lombok Timur
MTsN Kupang
MTsN 1 Pontianak
MAN IC Sambas
MTsN 3 Banjarmasin
MAN IC Paser
MAN IC Kota Palu
MAN 2 Makasar
MAN IC Kota Kendari
MTsN 1 Kolaka
MTsN 1 Baubau
MAN IC Gorontalo
MTsN Kota Ambon
MTsN 1 Ternate
Kanwil Kemenag Prov. Maluku Utara
MTsN Prafi
MTsN Model Sorong
MTsN Fakfak.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis Setiawan juga mengungkapkan bahwa Kemenag mempercayakan IAI (Institute Assesmen Indonesia) untuk membuat soal-soal Tes Potensi Belajar.

“Kami mempercayakan IAI untuk menyusun soal-soal Test Potensi Akademik. Karena IAI merupakan institusi profesional yang berpengalaman dalam mengelenggarakan assesment terutama dalam bidang pendidikan,” uangkap M. Nur Kholis.

“Sedangkan soal-soal lainnya,” tambah Nur Kholis,”dipercayakan kepada tim yang terdiri dari guru-guru MAN IC Serpong, Gorontalo dan Jambi. Sebab merekalah (guru-guru ketiga MAN IC ini. red) yang sudah memiliki pengalaman dalam menyeleksi calon siswa-siswi MAN IC dan merekalah yang menjadi standar bagi MAN IC-MAN IC lainnya,” pungkasnya.[hamam]
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »