Selamat Datang di Website MAN Insan Cendekia Aceh Timur

On 14.35.00

Kurikulum merupakan bagian yang sangat penting dalam lembaga pendidikan. Proses pencapaian tujuan lembaga pendidikan bergantung pada kurikulum yang digunakan. Kurikulum madrasah harus dikembangkan secara terarah, terpadu, dan sistematis,  merujuk  pada Pedoman Penerapan Sekolah Ramah Anak, dengan harapan peserta didik dapat tumbuh kembang mandiri dan mendapatkan perlindungan dan bimbingan dari guru yang penuh perhatian dan bermotivasi tinggi, didukung oleh keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan suasana belajar dan proses Pembelajaran Aktif-Inovatif-Kreatif-Efektif-Menyenangkan (PAIKEM). 

Pengembangan kurikulum dan pembelajaran MAN Insan Cendekia dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Mengembangkan budaya madrasah yang peduli lingkungan dan mengedepankan nilai-nilai agama Islam dan  nilai luhur bangsa;
  2. Menerapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta cara belajar peserta didik; 
  3. Melibatkan peran serta keluarga, masyarakat sekitar dan pihak pihak lainnya dalam pengelolaan pendidikan; dan
  4. Menerapkan pembelajaran yang PAIKEM. 

MAN Insan Cendekia melaksanakan kurikulum nasional yang ditetapkan oleh pemerintah yang dimodifikasi sesuai dengan visi, misi, tujuan dan target madrasah. Modifikasi kurikulum tersebut berupa penguatan konsep dasar penguasaan IPTEK (basic knowledge of science and technology) dan kurikulum khas bidang keasramaan.

Pembelajaran dilakukan secara inspiratif menyenangkan, interaktif, menantang, memotivasi dan memberi ruang bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian anak sesuai potensi, minat, bakat dan kebutuhannya untuk tumbuh kembang secara optimal. Pengembangan  kurikulum  mengedepankan pengalaman pribadi peserta didik melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning), yang didukung partisipasi aktif orang tua, media massa dan lingkungan sekitar.